Selasa, 12 Februari 2013

BELAJAR TANPA RASA MALAS-

Belajar adalah salah satu kewajiban pelajar yang tidak boleh ditinggalkan. Namun, tidak sedikit pelajar yang mengaku tidak bisa melaksanakan salah satu kewajibannya ini dengan baik. Sebagian besar dari mereka mengungkapkan bahwa salah satu penyebabnya adalah kemalasan. 
Bagi seorang pelajar, menghilangkan rasa malas ketika belajar bukanlah hal yang mudah, banyak sekali faktor yang bisa menyebabkan pelajar merasa malas ketika belajar. Walaupun begitu, menghilangkan rasa malas ketika belajar bukanlah hal yang mustahil.

Jika rasa malas tiba-tiba muncul ketika kita belajar maka untuk menghilangkan rasa malas yang tiba-tiba muncul ketika kita belajar tersebut, sebaiknya kita cari tahu terlebih dahulu mengenai penyebab rasa malas yang muncul ketika kita belajar tersebut, kemudian kita pikirkan hal apa yang mungkin bisa mengatasi penyebab rasa malas tersebut, lalu kita coba terapkan hal tersebut ketika kita belajar, jika solusi yang telah kita coba terapkan tersebut mampu menghilangkan rasa malas ketika kita belajar, maka sebaiknya kita coba untuk menjadikan hal tersebut sebagai kebisaaan.
Penyebab rasa malas ketika belajar yang sering diungkapkan para pelajar adalah kurangnya motivasi belajar dan banyaknya masalah yang mengganggu kefokusan ketika belajar. Mungkin kita selaku pelajar juga pernah mengalami hal seperti ini, dan terkadang kita pun bingung jika kita mengalami hal seperti ini, kita tidak tahu apa yang harus kita lakukan. Hal seperti itu bisa saja terjadi apabila rasa malas tiba-tiba muncul ketika kita belajar dan kita tidak mau berusaha untuk melawan atau  menghilangkan rasa malas yang tiba-tiba muncul tersebut. Seperti yang telah diungkapkan di atas bahwa sebagian besar pelajar mengakui bahwa penyebab rasa malas yang bisaanya muncul ketika belajar adalah kurangnya motivasi belajar dan banyaknya masalah yang mengganggu kefokusan ketika belajar. 
Jika penyebab rasa malas yang muncul ketika belajar adalah kurangnya motivasi belajar, maka cobalah untuk mencari sesuatu yang bisa meningkatkan motivasi belajar dalam diri kita seperti, kita menentukan target-target yang harus kita raih baik dalam waktu dekat maupun dalam jangka waktu yang panjang. Dengan cara seperti ini, kita pun akan termotivasi untuk menggapai target-target yang telah kita tentukan tersebut dan kita pun akan merasa malu kepada diri kita sendiri atau pun orang lain apabila kita tidak bisa menggapai target-target tersebut. Walaupun begitu, jika kita tidak bisa menggapai salah satu atau bahkan semua target yang telah kita tentukan, itu bukan berarti bahwa kita telah gagal, tetapi itu berarti bahwa keberhasilan kita “tertunda”. Oleh karena itu, jika kita telah menentukan target-target yang harus kita capai kemudian kita tidak berhasil menggapainya, maka jangan berhenti berjuang karena jika kita mengalami sebuah kegagalan, itu berarti bahwa kita telah menabungkan sebuah keberhasilan. Itulah solusi yang perlu kita coba terapkan jika penyebab kemalasannya adalah kurangnya motivasi belajar. 
Jika penyebab rasa malas yang muncul adalah karena kita sedang mempunyai banyak masalah yang menyebabkan kita tidak fokus ketika belajar, maka kita harus berpikir dan menyadari bahwa tidak ada manfaatnya jika kita selalu merenungi dan meratapi masalah-masalah yang menimpa kita bahkan sampai menghabiskan waktu belajar hanya untuk melakukan hal seperti itu, kita harus bisa menyadari bahwa hidup adalah ladang masalah dan kita tidak bisa menolak jika ada masalah yang datang menghampiri kita. Selain itu, kita juga harus bisa menciptakan suasana yang tidak mendukung kita untuk terus meratapi dan merenungi masalah yang sedang kita hadapi jika kita memang sedang mempunyai banyak masalah.
Ketika rasa malas menghampiri kita saat belajar, kita tidak selalu bisa mengetahui penyebab rasa malas yang muncul pada waktu itu. jika kita mengalami hal seperti ini, maka mungkin penyebabnya adalah tempat atau cara belajar kita yang menimbulkan rasa bosan. Untuk mengatasi hal  seperti ini, sebaiknya kita coba sisipkan sesuatu yang baru pada tempat atau cara belajar kita, misalnya apabila sebelumnya meja belajar kita menghadap ke barat maka sebaiknya kita coba geser atau pindahkan meja belajar kita sehingga menghadap ke timur atau jika bisaanya kita belajar selama beberapa jam tanpa jeda maka sebaiknya kita coba menyelingi waktu belajar kita dengan hal-hal baru seperti mendengarkan music bdan sebagainya. Dengan cara seperti ini, kita akan mendapatkan suasana baru dalam belajar kita sehingga dari dalam diri kita pun akan muncul semangat baru untuk belajar.
Maka dari itu, dapat kita simpulkan bahwa kemalasan adalah salah satu tantangan yang harus kita hadapi ketika belajar. Walaupun tidak mudah, menghilangkan rasa malas ketika belajar bukanlah hal yang mustahil. Jadi, jangan pernah beranggapan bahwa kita tidak bisa menghilangkan rasa malas yang muncul ketika belajar, karena sebenarnya ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi rasa malas yang muncul ketika belajar
http://kompendo.blogspot.com/2012/11/belajar-tanpa-rasa-malas.html

0 komentar:

Posting Komentar